Masih Banyak pemilik motor kurang peduli dengan aki. Aki sangat penting, karena merupakan sumber tenaga untuk mengaktifkan CDI yang bertugas mengatur waktu pengapian. Fungsi aki pada mesin-mesin sekarang bukan sekedar memudahkan untuk menghidupkan mesin, juga salah satu jaringan komponen yang mengaktifkan kerja sistem pengapian. Tepatnya sistem pengapian sekarang, yaitu komponen yang dinamakan CDI, bekerja dengan arus DC, atau searah. JAdi berlawanan dengan jenis listrik yang dihasilkan mesin yaitu AC, atau arus bolak-balik.
Arus ini kemudian diubah menjadi DC melalui rektifier (dikenal juga dengan kiprok) dan sifat arus listrik benar-benar DC (murni). Di lain hal, tegangan listrik yang dikeluarkan dari generator, regulator dan rektifier stabil. Nah, bila aki dilepas atau kondisinya tidak normal (air kurang atau salah satu sel rusak), maka untuk mengaktifkan CDI, berarti pasokan listrik langsung diambil dari rektifier. CDI yang teridiri dari komponen elektronik, tidak dapat mencerna arus listrik ini secara terus menerus. Kalau dipaksakan, akhirnya akan rusak dan mati. PAdahal harganya cukup mahal. Untuk mencegah agar tidak cepat pensiun dan tidak menguras isi kantong, tetaplah pasang aki dan pelihara kondisinya (Cairan elektrolit, dan kebersihan terminalnya). Bisa jadi, bila tidak repot, gunakan Aki MF (maintenance Free) yang tak memerlukan elektrolit. Sip kan ?
Demi keamanan pengendara, periksalah selalu kondisi dan setelan rantai sebelum memakai sepeda motor. Pada pelaksanaan pemeriksaan berkala, pada tiap 1.000 km, periksalah kondisi kemungkinan kerusakan rantai berikut ini :
1. Pin kendor atau terlepas 2. Mata rantai rusak. 3. Mata rantai macet atau oblak 4. Melampaui batas pemakaian atau aus 5. Setelan rantai tidak tepat.
Salam Bikers..................... Buat pemakai kendaraan motor, sekarang perlu lebih hati-hati terhadap tangan jahil. Yang bikin gemas adalah komponen yang diambil merupakan komponen penting keselamatan yaitu Caliper Rem!Konon caliper rem copotan banyak diminati. Sumber salf7.com Si tangan jahil bergerak sangat cepat, membuka baut pengikat Caliper, kemudian memotong selang rem dengan cutter.. BAH!! Kalau melihat konstruksi pemasangan caliper pada umumnya sepeda motor, hanya dua baut saja yang mengikat caliper dengan suspensi/bracketnya. Sayang sekali motor jenis bebek keluaran Suzuki seperti Suzuki Shogun dan Suzuki Smash menggunakan baut biasa! Sementara produk merek lain menggunakan baut jenis bintang-6. Akibatnya hanya bermodal kunci pas atau kunci ring, dalam waktu kurang dari 2 menit dua baut itu bisa dilepas dengan mudah. Itu yang menyebabkan motor bebek tersebut sering mengalami apes hilangnya caliper rem pada saat diparkir.
Namun untuk motor lainnya yang menggunakan baut HEX (baut-L) maupun baut Bintang-6 jangan berbangga hati dulu Membanjirnya produk Hand Tools asal China ke pedagang kaki lima, memudahkan orang memperoleh kunci untuk membuka baut-HEX yang berbentuk Kunci-L (berbentuk huruf L), bahkan juga bisa ditemui kunci untuk membuka baut Bintang-6 dengan berbagai ukuran Nah lho!! Lantas, bagaimana solusi pencegahan dini untuk melindungi caliper dari si tangan jahil? Paling tidak bisa membuat si tangan jahil enggan untuk mencuri caliper dari motor kita. Berikut tips sederhananya.. Foto di bawah memperlihatkan dua baut bintang-6. Motor pada foto tersebut adalah Suzuki Shogun 125R yang sebelumnya masih menggunakan baut biasa, kemudian diganti dengan baut bintang-6 seperti yang digunakan oleh motor-motor merek Yamaha. Dipilih bentuk yang bulat seperti itu agar tidak mudah diputar dengan tang jepit (akan licin). Target operasi kita adalah menambal atau menimbun lubang baut tersebut dengan lem epoxy agar baut tidak bisa dibuka dengan mudah, karena ketika epoxy mengering, akan menjadi material yang keras dan kuat.
Sediakan lem Epoxy yang banyak dijual di pasaran. Untuk spesifikasi lem epoxy tersebut tidak harus tinggi, tidak perlu yang tahan suhu tinggi, tidak perlu yang tahan tekanan tinggi dan seterusnya. Di supermarket harganya mungkin sekitar 5ribu hingga 10ribu rupiah saja. Lem Epoxy terdiri dari 2 komponen. 1. EPOXY : adalah bahan utama lem tersebut. 2. HARDENER : adalah katalis untuk mengeraskan epoxy tersebut. Mulailah dengan tube EPOXY terlebih dahulu, kemudian tube HARDENER. Ingat, campuran 2 komponen tersebut harus dengan perbandingan yang sama persis. Jika terlalu banyak epoxy, maka lem akan lama sekali mengering, atau bahkan tidak bisa mengeras. Jika terlalu banyak hardener, maka lem akan terlalu cepat kering, bahkan pecah atau retak-retak. Segera setelah campuran lem tersebut diaduk rata, tutuplah lubang baut tersebut hingga rata. Rapihkan sisa lem yang ada pada baut tersebut hingga benar-benar bersih, dengan menggunakan kain atau tissue. Eitss.. sebentar dulu. Lantas muncul pertanyaan bagaimana untuk membongkarnya??? Untuk membongkarnya adalah dengan cara memahat epoxy tersebut dengan obeng kecil yang tajam, hingga kunci baut bintang-6 bisa masuk untuk membukanya. Memahatnya tidaklah mudah, paling tidak butuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk satu baut.Nah dengan modal lem epoxy, kita bisa melindungi komponen yang berharga sekitar 400ribu hingga 700ribu rupiah! Ga ada ruginya untuk dicoba. Semoga bermanfaat.
Siapa tahu yang ban motornya udah gundul siap-siap cari info cara membeli Ban....nich sebagai info ....siapa tahu ada yang belum tahu..hee.heee..
Banyak orang tidak tahu bahwa yang paling penting adalah kode waktu produksi daripada ban. Ban akan expired (kedaluwarsa) dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat Nah untuk membaca adalah sebagai berikut : Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban lihat gambar 1 & 2, dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tersendiri untuk kode tersebut, ada 5 digit, ada pula yang 7 digit. Tetapi 4 DIGIT dari belakang adalah standard international yang menunjukkan format WWYY MINGGU (WEEK) dan TAHUN (YEAR) ban tersebut dibuat. Contoh: 2001 = produksi Minggu ke-20, Tahun 2001 X2001 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-20, TAHUN 2001
CJJ5101 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-51, TAHUN 2001 Nah jika ketika anda membeli ban baru tetapi toko menyodorkan ban yang sudah kedaluwarsa anda berhak menolaknya Memakai ban expired berarti terancam pecah ban di jalan Sebaiknya waktu pemakaian pun tidak lewat dari masa expired tersebut. Ideal 2 tahun ban diganti total
Pengendara motor yang sering melewati daerah-daerah yang rawan banjir tentu khawatir saat musim hujan tiba. Hal ini mengingat gangguan atau kerusaan yang mungkin timbul pada motor saat melewati banjir, apalagi kalau air tersebut sampai masuk ke dalam mesin.
Oleh karenanya untuk menghindari kerusakaan, perhatian pada mesin motor yang sempat terendam air hendaknya dilakukan, antara lain dengan mengganti oli karena mungkin oli yang lama kemasukan air. Meski relatif mudah untuk dilakukan, langkah ini hendaknya ditangani oleh mereka yang lebih ahli dibengkel agar bisa sekaligus dikuras.
Disamping itu, pemilik sepeda motor juga dapat memeriksa bagian busi. Bukalah busi dan bersihkan dengan cermat agar sistem pengapian tidak terganggu. Dan sebaiknya ganti busi dengan yang baru demi mendapatkan performa motor yang maksimal.
Kemudian ada baiknya lubang busi diberi pelumas sedikit agar bagian dalam lubang busi yang mungkin terkena air tidak mengalami korosi atau karat yang dapat menggangu dikemudian hari.
Untuk memastikan kesehatan mesin, sebaiknya lakukan proses tune up agar komponen-komponen dalam mesin yang mungkin sudah tidak layak pakai seperti saringan udara dan saringan bensin bisa terdeteksi dan dapat segera diganti agar performa motor bisa tetap optimal.
Jangan lupa memeriksa bagian rem karena air yang masuk dalam sistem pengereman akan meninggalkan kotoran, kalau udah begini , gangguan seperti bunyi yang muncul saat pedal rem diinjak sampai rem yang tidak pakem seringkali muncul.
Untuk itu, selain membersihkan bagian ini, bagi yang menggunakan rem tromol penggunaan jalur air pada kanvas rem ke tromol tidak terhambat oleh debu dan air yang sangat mungkin masuk kedalam sistem pengereman. Sinilah fungsi jalur air tadi dimana ia dapat mengurangi debu dan air yang masuk.
Banyak yang salah kaprah saling tukar CDI. Repot urusannya, kalo salah beli gak bisa ke pake, apalagi sekarang jamannya CDI digital, Program Tiap motor berbeda, jika dipaksakan mesin akan mberebet dan tenaga loyo.
Boleh saja saling tukar CDI asal memenuhi 4 syarat : 1. PANJANG PULSER SAMA
Panjang sensor pulser (pick-up koil) harus sama. Tiap tipe motor berbeda, ada yang panjang ada yang pendek. Untuk motor jaman dahulu biasanya lebih pendek. Untuk Suzuki Shogun 14mm dan Honda Supra hanya 12mm. Ini karena motor dahulu pabrikan menganut CDI Analog. Kurvanya tidak bisa di program. Beda dengan notor sekarang. Lihat Honda Karisma 38 mm dan Yamaha Jupiter-Z 57,5 mm. pick-up koil panjang. sebab sudah digital. Kalau dipasangi CDI Programable kurva pengapian bisa macam-macam.
2. KURVA TIDAK BEDA
Syarat kedua harus tahu derajat pengapian. untuk semua tipe motor, timing pengapian tiap tingkat putaran berbeda, walau terkadang ada yang sama. Lihat Yamaha Jupiter-Z, pada rpm 1.500 sampai 2500 busi meletik 15 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas). Dari 2.500 - 3.500 timing pengapian 32 derajat sebelu TMA. selanjutnya sampai 8.000 rmp masih 32 derajat. Lebih dari itu menjadi ngedrop sampai 30 derajat sebelum TMA. Sebagai Bahan Pebandingan, coba lihat Honda Karisma. Dari rpm 1.500 sampai 2.500 timmingnya 15 derajat sebelum TMA. Dari 2.500 - 3.000, 27 derajat sebelum TMA. Terus sampai lebih darui 8.000 timing konstan. Nah bisa dilihat timing pengapian Shogun dan Kharisma berbeda untuk tiap tingkat putaran, kalau dipaksakan saling tukaran pasti hasilnya gak bagus.
3. TAHU KELISTRIKAN
Hal yang paling gampang dan wajib tentu tahu kelistrikan. Apalagi beberapa CDI kaki-kaki soketnya berbeda, ada yang enam ada yang lima. Tiap kaki harus tahu arahnya kemana. ke koil, aki dan pulser harus hafal betul. Kalau tidak ngerti kaki-kaki CDI, jangan dipaksakan, kalau asal tukar bisa jebol atau kebakar.
4. KOMPRESI, TIMING DAN KEM
Untuk yang senang korek mesin, bila rasio kompresi mesin sudah naik, timing pengapian perlu diubah. maksudnya agar gas bakar dalam silinder tidak dibakar panas kompresi. Makanya waktu pengapian harus dimajukan, biasanya sekitar 2 derajat. Juga buka-tutup klep yang berubah akibat kem di korek, berdampak pengapian perlu diseting, biasanya mekanik bikin klep ngebuka lebih lama dan menutup lebih cepat. ini menyebabkan timing pengapian juga beda, bisa bergerak maju atau mundur.
Semua tahu, CDI analog dan Digital terletak di IC. Analog IC-nya tidak bisa diprogram dan digital siap diprogram sesuka hati. sehingga derajat pengapian bisa diatur. Tapi bukan berarti yang analog tidak bisa di modif loh.
Semua tahu, CDI analog dan Digital terletak di IC. Analog IC-nya tidak bisa diprogram dan digital siap diprogram sesuka hati. sehingga derajat pengapian bisa diatur. Tapi bukan berarti yang analog tidak bisa di modif loh. Bersama Tommy Huang yang merakit CDI Cibinong, kasih pengertian dasar mengenai CDI Analog dan Digital. Bahkan menuntun sampai proses modifikasi. Katanya secara garis besar CDI didukung tujuh kompunen yang saling berkaitan.
1. Regulator Tesusun dari Elco dan SCR fungsinya sebagai penyetabil tegangan dari aki agar tetap 12 Volt
2. Penyearah Tegangan Tegangan 250 Volt AC kembali disearahkan menjadi DC. Komponen cuma Dioda, tegangan 250 Volt AC menjadi 200 Volt DC
3. Kapasitor Ini sebenarnya inti dari CDI. Bahkan nama CDI (Capasitor Discharge Ignition) dari nama kapasitor. Berwarna merah dan disebut metal film capasitor. Fungsinya untuk menyimpan sementara tegangan atau arus listrik bila sensor pulser tidak memberikan sinyal.
4. Kontrol Tegangan Feed Back Fungsinya mendeteksi tegangan, kemudian di umpan balik ke kontrol oscilator
5. Pembangkit Oscilator Fungsinya sebagai pembangkit kontrol sinyal ke inverter. Dengan memperthitungkan sinyal dari Pulser dan dariu Feed Back Control
Cek Kondisi Olimesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep.Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.Cek Kondisi AkiJangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.Periksa Rantai dan GirJangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?Periksa Kabel Koil dan BusiPerhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.Panaskan Mesin 1 MenitPanaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.Periksa tekanan angin banJangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.Gunakan Selalu Sparepart Asli HondaLebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
Ada seorang Bro.. yang menanyakan kepada saya,.. kenapa juga bebek dengan cc yang sama ... misalnya 125cc... kok powernya beda-beda...!!! Misalnya Honda Supra X-125.. power yang bisa dihasilkan 9,3HP pada 7500RPM, Shogun 125 bisa menghasilkan 10.8PS pada 8000RPM, Honda CS1 bisa menyemburkan tenaga 12,8HP pada 10000RPM. Yaagh jawabnya sih gampang... karena compression rationya beda.. dan teknologinya beda...!!! saya terangin lagi... lebih lanjutnya mengenai compression ratio. Dan jika compression ratio tinggi... maka diperlukan sistem pendingin yang prima... bisa oil cooler ataupun liquid cooled... !!! Nah saya mau bahaz mengenai liquid cooled atau bahasa gampangnya sistem pendingin pake radiator... !!! :D Engine yang menggunakan sistem pendingin liquid cooled, mempunyai komponen radiator, thermostat, fan alias kipas (optional), pompa (water pump), dan connecting hose dan pipes...!!! Naagh biasanya untuk ngisi radiator itu.. menggunakan coolant... !!! Ada yang perlu campuran 50% coolant dan 50% air, ada juga coolant yang nggak perlu lagi campuran air...!!! Nah biasanya coolant itu mengandung anti-freeze.. dan juga anti karat...!!! Oh ya... coolant untuk motor dengan untuk mobil agak beda...!!! Untuk mobil mungkin mengandung silicates, sedangkan untuk motor sebaiknya tidak mengandung silicates... karena bisa mempengaruhi keawetan komponen terutama water pump...!!! Teruz thermostat.. adalah suatu komponen dimana pada suhu tertentu komponen ini akan membuka sehingga air bisa mengalir... dan menutup jika belum mencapai suhu tertentu...!!! Thermostat mengatur flow air dari radiator ke engine..!!! Nggak disarankan untuk melepas thermostat, karena engine nggak akan mencapai temperature ideal... !!! Cara kerjanya adalah yaagh simple... sewaktu engine mulai start.. thermostat masih menutup... dan jika sudah mencapai suhu ideal (tergantung thermostat nya... ada yang 70 derajat, ada yang 80 derajat etc), mulai membuka... dan air dari radiator melalui lower hose akan ke pompa dan mengalir ke engine (cylinder jacket)...!!! Kemudian teruz melalui upper hose sampai ke radiator... !!! Dan proses pendinginan berlangsung terus dan dimulai lagi dari radiator...!!! Extra Fan biasanya akan bekerja jika ada sensor... pada suhu tertentu, extra fan tersebut akan bekerja... !!! Gunanya apa...??? Yaagh jika macet ... nggak perlu khawatir karena ada supply udara dari extra fan yang mendinginkan radiator...!!! Naagh... karena menggunakan liquid cooled, maka suatu engine bisa meningkatkan compression rationya...!!! Dan thuzz, compression ratio bisa meningkatkan power.. oleh sebab itu nggak heran... walau cc nya sama sebagaimana contoh diatas 125cc, power yang dihasilkan beda-beda...!!! So.. jangan berpatokan hanya kepada cc... ocree...???
Panjang X lebar X tinggi : 1.897 x 680 x 1.083 mm Jarak sumbu roda : 1.273 mm Jarak terendah ke tanah : 132.5 mm Berat kosong : 758 mm Tipe rangka : Tulang Punggung Tipe suspensi depan : Teleskopik Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan sokbreker tunggal Ukuran ban depan : 80/90 - 14 M/C 40P Ukuran ban belakang : 90/90 - 14 M/C 46P Rem depan : Tipe cakram hidrolik dengan piston ganda Rem belakang : Tromol Kapasitas tangki bahan bakar : 3,6 Liter Tipe mesin : 4 Langkah, SOHC Diameter x langkah : 50,0 mm x 55,0 mm Volume langkah : 108 cc Perbandingan kompresi : 10,7 : 1 Daya maksimum : 8,99 PS / 8000 rpm Torsi maksimum : 0,86 kgf.m / 6.500 RPM Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 Liter pada penggantian periodik Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal, tipe kering Gigi transmsi : Otomatis, V-Matic Pola pengoperan gigi : - Starter : Pedal dan elektrik Aki : 12 V - 3,5 Ah Busi : ND U22FER9 / NGK CR7EH-9 Sistem pengapian : DC - CDI, baterai Tinggi tempat duduk : 758 mm Sistem pendingin : Pendingin dengan cairan (liquid cooled) Susunan silinder : Silinder tunggal Karburator : VK22 x 1 Lampu depan : 12 V 25 W / 25 W x 2 Lampu senja : 12 V 3,4 W x 2
Disc Brake Drum Brake Engine 4 Stroke, SOHC, 2 Valve, Air Cooled Cylinder Capacity 113.7 CC. Compression Ratio 8.8 : 1 Bore x Stroke 50.0 x 57.9 MM. Lube Type Wet Carburetor Keihin NCV24 x 1 Ignition DC - CDI Clutch Type Automatic Rainforced Clutch Engine Start Type Kick Start & Electric Start Fuel Type Unlead Gasoline Octain 91 Up Fuel Tank Capacity 3.7 Litrs Engine Oil Capacity 0.9 Litrs Transmission Automatic V - Belt Transmission Ratio 2.399 - 0.829 Frame Type Steel Caster / Trail 26.5 Degree / 100 MM. Dimension (W x L x H) 675 x 1,820 x 1,050 MM. Seat Height 745 MM. Ground Height 130 MM. Wheel Base 1,240 MM. Dry Weight 87 Kgs. Suspension Front Telecospic Rear Unit Swing Brake Front Disc Brake Drum Brake Rear Drum Brake Drum Brake Tyre Size Front 70 / 90 - 14 MC 34 P Rear 80 / 90 - 14 MC 40 P Headlight 12 Volt 32 Watts / 32 W
Spesifikasi (bahasa Indonesia) Nama Produk : MIO Tipe Produk : Automatic Mesin Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara Diameter x Langkah : 50.0 x 57.9 mm Volume Silinder : 113.7 CC Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1 Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis Susunan Silinder : Tunggal Karburator : NCV24x1 (Keihin) Sistem Pengapian : DC-CDI Pelumas : Wet Sump Kapasitas Oli Mesin : 0.9 Liter Transmisi : V-Belt Otomatis Rasio Gigi : 2.399 - 0.829 Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm Sistem Rem Depan : Hydraulic Single Disc Sistem Rem Belakang : Drum Chasis Tipe Rangka : Steel Tube Kapasitas Tangki : 3,7 Liter Jarak Sumbu Roda : 1,240 mm Jarak ke Tanah : 130 mm Tinggi Tempat Duduk : 745 mm Suspensi / Ban Suspensi Depan : Teleskopik Suspensi Belakang : Teleskopik Ukuran Ban Depan : 70/90-14MC 34P Ukuran Ban Belakang : 80/90-14MC 34P Sistem Starter : Kick & Electric Performa (klaim pabrik) Daya Maksimum : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm Torsi Maksimum : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm Garansi 3 tahun/ 36.000 Km : Mesin (sesuai ketentuan) 2 tahun : kelistrikan (Rotor, Stator, CDI, Ignition Coil, Motor Starter Assy) 6 bulan/ 6.000 Km : Umum (di luar kelistrikan) SERVIS GRATIS : 4 kali + 2 kali oli mesin
Sportsbike adalah motor idaman bagi setiap penggemar motor, baik yang berusia muda sampai yang sudah mapan. Hal ini sangat lumrah karena jenis motor inilah yang paling sering kita lihat di televisi terutama dalam siaran langsung balapan motor seperti Moto GP maupun GP Superbike.
Sportsbike sendiri merupakan adaptasi dari motor balap sirkuit yang kemudian di jinakkan agar bisa di pakai di jalan raya. Bahkan motor yang ikut dalam kejuaraan WSBK - World Superbike Championship merupakan versi balap dari motor jalan raya. Sehingga apa yang kita lihat di balap Superbike dapat juga kita miliki dan kita gunakan sehari hari. Kisaran harga motor jenis ini bervariatif, mulai dari 33 juta rupiah (ninja 150RR) sampai dengan 1.7 milliar (Ducati Desmosedici GP6).
Sportsbike sendiri terbagi dalam beberapa jenis yaitu :
Light Sportsbike (125cc), Supersports (400cc-600cc) dan Superbikes (750cc - 1000cc)
Yang perlu di perhatikan tentang motor jenis ini adalah, motor ini hanya mengandalkan performa sebagai nilai jual dan tampilan futuristis tentunya. Sportsbike merupakan motor berperforma tinggi. Sebagai contoh adalah Cagiva Mito, walaupun ber kapasitas hanya 125 cc, Cagiva Mito dapat mengeluarkan tenaga sebesar 40hp dan mencapai kecepatan 220 km/j. Bandingkan dengan Honda Tiger Revo dengan kapasitas mesin 200cc yang hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 16hp.
Sisi Positif (+)
1.Bagi pencinta kecepatan dan maniak balap motor ini merupakan sebuah mahakarya, karena motor jenis ini merupakan motor ber performa tinggi yang dapat memacu adrenalin pengendara.
2.Sangat stabil di kecepatan tinggi, terutama bagi pengendara yang berpengalaman.
Sisi Negatif (-)
1.Jangan berharap mendapat kenyamanan. Karena Motor jenis ini merupakan jenis motor balap yang di jinakan dan sebagai mana pembalap, maka pengguna motor ini harus selalu merunduk sehingga cepat pegal.
2.Bagi pengendara pemula sebaiknya tidak memulai dengan jenis motor ini. Karena tenaga mesin yang besar dan bobot yang ringan sehingga sulit dikontrol.
Moge itu Harley! ya itulah yang sering diucapkan orang awam bila ditanya tentang motor besar. Selain itu hanya brand Ducati yang mampu menyaingi popularitas Harley Davidson. Motor Cruiser atau Chopper merupakan impian penggemar motor besar terutama yang telah berusia diatas 30 tahun. Bahkan populasi motor ini di indonesia mencapai 20 kali lipat di banding merek Ducati.
Motor Cruiser adalah motor touring yang lebih cocok untuk dipakai jarak jauh dan secara umumnya pengguna sepeda motor jenis ini mengikuti perkumpulan ekslusif. Jenis Motor Cruiser yang beredar di Indonesia hanya didominasi oleh satu brand yaitu Harley-Davidson. Kisaran harga motor ini antara 250 juta hingga 1,2 milliar.
Sisi Positif (+)
1.Memiliki Image dan ekslusifitas yang tinggi
2.Karena hanya didominasi oleh satu Brand maka fasilitas after sales service nya paling terjamin
3.Memiliki persatuan - Brother hood yang sangat luas
Sisi Negatif (-)
1.Harga yang mahal
2.Harus terikat dengan keanggotaan Brotherhood
3.Image sebagai klub motor yang arogan.
4.Harus mengenakan aksesoris yang sesuai. Akan terlihat lucu bila anda memakai motor ini dengan menggunakan aksesoris diluar yang disediakan
1.Untuk motor Sports lokal, seperti Honda CBR 150 maupun Kawasaki Ninja RR sebenarnya tidak terlalu sulit karena anda tinggal datang ke ATPM terdekat, namun untuk motor besar CBU, anda harus memesan terlebih dahulu karena ATPM CBU umumnya jarang menyimpan stok dishowroom mereka.
2.Sebaiknya bila berminat membeli motor besar CBU sebaiknya anda memastikan after sales servicenya karena bila anda memsan motor besar yang tidak didukung ATPM anda akan kesulitan mengurus spare parts dan surat menyuratnya.
1.Periksa surat surat. Tidak hanya melihat BPKB namun harus melakukan cross chek pada SAMSAT POLRI, karena umumnya sering sekali motor tersebut merupakan motor seludupan ataupun motor Form-B (hanya pajak cukai). Pastikan anda mendapat Faktur Pembelian.
2.Priksa nomor mesin dan nomor sasis. Biasanya kita sering lupa mengecek nomor sasis, karena sering kali nomor sasis terdaftar namun nomor mesin tidak terdaftar pada samsat.
3.Umumnya moge keluaran di bawah tahun 2000 tidak memiliki surat resmi, kecuali sang pemilik terdahulu mengikuti pemutihan. Jangan percaya Surat Jalan, Surat IMBI, dan lainya. Karena yang penting adalah BPKB dan STNK.
4.Cek fisik motor. Umumnya pemilik Moge jenis Sportsbike sering membawa motornya ke sentul dan segera memperbaiki jika terjadi kerusakan saat dipakai di sirkuit. Untuk mengetahui track record motor tersebut sebaiknya anda harus banyak bertanya kepada orang orang yang telah memiliki moge sportsbike, karena pergaulan mereka yang sempit umumnya mereka saling mengetahui kondisi motor rekan sepergaulan mereka.
Diposting oleh pameran motor di 01:04 0 komentar: Posting sebuah Komentar
Posting Lebih Baru Posting Lama Halaman Muka Berlangganan: Posting Komentar (Atom) Bagaimana Blog ini menurut anda? SITUS INFO http://www.setbb.com/imam/ http://KEDAMAIANHIDUP.BLOGSPOT.COM/ Http://5hiner.blogspot.com/ Http://lovista.blogspot.com/ Http://financialexpo.blogspot.com/ Arsip Blog 2008 (37) April (37) tesssssssssssssss New Ninja 250R, gebrakan baru dari Kawasaki!!! Ju... Suzuki G-Strider Suzuki SIXteen NEW CBR 125 COOMING SOON Nurburgring: Yamaha R1 vs Porsche 911 GT3 Honda CBR150R: latest 150cc bike in Malaysia Agenda Tersembunyi Yamaha V-ixion Concept motorbikes: Honda NAS (New American Sports... Honda Concept 1 Dodge Tomahawk Derbi Mulhacen Confederate Renovatio Project BMW IMME1200 CONCEPT APRILIA KERKENNAH AUDY MOTO APRILIA MAGNET GEN RYU YAMAHA SCORPIO THE SRAMBLER Other Vehicles Yamaha has also built engines for ... Yamaha Motor Company Limited (Yamaha Hatsudki Ka... MX next on mio baru Yamaha Mio Dari Wikipedia Indonesia, ensikloped... cara kerja liquid cool cara merawat motor Cara Gampang Merawat Motor Honda New Yamaha Mio 2007 Yamaha 2008 YZF-R125 TECHNICAL SPECIFICATION FOR YAMAHA MIO spesifikasi vario mio modifikasi yamahaR6 Yamaha Unveil New Fiat Team Colours in Milan trik membeli motor besar vixion gw dah susun layoutnya, tinggal di print di karton... Mengenai Saya pameran motor Melihat profil lengkap saya
tapi bodi cs 1 memang kurang bagus yaw, soalnya lalo lampunya diatas kan nanti mirip sonic nenek moyangnya doeloe....... tapi sich mesin bagus sudah test ride katanya bgus juga tarikannya, top speednya juga bagus cepaqt dapat top speednya,sangat stabil and yang paling penting adalah hemat bensin soalnya bensin mahal dan sering kosong lagi di SPBU......lho